Saat ini diantara rekan-rekan guru banyak yang sedang merasa bingung dengan rilis e-rapor Kurikulum 2013 yang terbaru. Dimana didalam tampilan e-rapor K13 sangat berbeda dengan e-rapor K13 di tahun-tahun sebelumnya. Aplikasi rapor yang terbaru ini justru lebih mirip dengan tampilan e-rapor Kurikulum Merdeka, dimana didalamnya terdapat capaian akhir yang berisikan banyak dimensi dan juga adanya Tujuan Pembelajaran yang harus diinput secara manual oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Hal inilah yang menjadikan sedikit kegaduhan di dalam group-group MGMP karena guru-guru mapel harus memunculkan Tujuan Pembelajaran, apalagi secara manual.

Sebenarnya rekan guru tidak perlu bingung. Kita analogikan saja bahwa pengertian Tujuan Pembelajaran atau TP di Kurikulum Merdeka adalah seperti hal nya KD dimana disanalah nanti ketercapaian kompetensi setiap peserta didik akan diukur. Dengan pemikiran yang sama, berarti kita dapat menyamakan bahwa TP yang diminta dalam e-rapor K13 adalah KD yang selama satu semester ini telah kita ajarkan ke peserta didik. Jadi, mudah saja bahwa untuk seting TP di e-rapor K13 kita cukup memasukkan KD yang ada dalam satu semester ini mulai dari KD pengetahuan sampai dengan KD keterampilan.

Pada capaian akhir nanti akan muncul deskripsi kompetensi mana yang sudah mencapai ketuntasan dan mana yang belum.

Perbedaanya lagi adalah, bahwa di e-rapor K13 terbaru, nilai yang dimunculkan adalah satu nilai. Untuk itu daftar nilai menjadi acuan dalam history penilaian.

Untuk lebih jelasnya cara input TP di e-rapor K13 terbaru, silahkan simak video berikut ini!

Tinggalkan komentar