Kelas    VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk beinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

 

1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara alurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur meminta, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat

1.2 Merespon    makna   yang   terdapat   dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur. meminta, memberi,menolak jasa/meminta, member!, menolak barang, dan meminta,memberi dan  mengingkari   informasi,  meminta,  memberi, dan menolak pendapat,dan menawarkan/menerima/ menolak sesuatu.

 

Mendengarkan

2.  Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek scderhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

2.2 Merespon makna yang terdapat dalammonolog pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

 

Berbicara

3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur meminta, memberi, menolak jasa, meminta memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat.

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji dan memberi selamat.

 

Berbicara

4. . Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.2 Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

 

Membaca

5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

 

5.1 Me\mbaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

5.3. Merespon makna dalam langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk  descriptive dan recount

 

Menulis

6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis dan esei pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar .

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sedrhhana dengan dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas    VIII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

 

 

7.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat

7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

Mendengarkan

  1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

 

8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

8.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

 

9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu

9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

10.1     Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.2Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

 

Membaca

  1. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

 

 

11.1Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.2       Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative

 

 

Menulis

12. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

12.1.   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

12.2.   Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative

 

 

 

About winwheng

Hanya ingin membagi apa yang dapat kubagi...karena berbagi adalah peduli. Sharing is Caring.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s