1. Apa yang dimaksud dengan Hakikat Manusia. ?
  2. Bagaimana menurut saudara, kegiatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa itu lebih baik atau tidak. Kalau anda menjawab lebih baik atau idak, sebutkan alasannya, dan sebutkan aliran filsafat yang mendukung pendapat saudara.?
  3. Bagaimana menurut saudara perbedaan kondisi pendidikan pada masa penjajahan dengan pendidikan pada kondisi periode 1945-1969.?
  4. Mengapa Perkembangan Manusia berbeda, dan berikan satu contoh?

Jawaban :

  1. Hakikat manusia ialah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia didunia.
  2. Menurut pendapat saya kegiatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa itu lebih baik. Pendidikan yang berpusat pada siswa akan memberi penekanan lebih besar
    pada kreativitas, aktivitas, belajar, hasil belajar dan juga pengalaman. Peserta didik
    diberikan kebebasan baik secara fisik maupun cara berpikir, guna mengembangkan bakat dan
    kemampuan yang ada dalam dirinya.

Hal ini sesuai dengan aliran PROGRESIVISME. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang. Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Beberapa tokoh dalam aliran ini : George Axtelle, William O. Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B. Thomas dan Frederick C. Neff.

  1. Pendidikan pada masa penjajahan Belanda masih terbatas hanya untuk memenuhi kebutuhan kalangan pemerintah belanda, jikalaupun ada rakyat pribumi yang bisa merasakan pendidikan hanyalah kaum aristocrat.

Pada masa penjajahan Jepang mulai ada perubahan yaitu mulai dihapuskannya system pendidikan berdasarkan bangsa dan strata social, hal ini karena Jepang mengupayakan adanya tenaga buruh yang gratis dari hasil pendidikan semacam itu. Bahasa pengantar yang digunakan pun sudah menggunakan bahasa Indonesia.

Sedangkan pada periode 1945-1969, pendidikan sudah diarahkan untuk mendidik menjadi warga Negara yang sejati dan agar terbentuk nasionalisme untuk bangsa dan Negara Indonesia. Pada masa ini sudah ada pemilahan pendidikan mulai dari pendidikan rendah yaitu Sekolah Rakyat, pendidikan menengah umum, kejuruan, dan perguruan tinggi.

  1. Perkembangan manusia berbeda dikarenakan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut dapat berupa psikologis, lingkungan dan kondisi social ekonomi.

Misalkan seseorang yang dibesarkan dilingkungan pegunungan yang jauh dari kemajuan teknologi akan mempunyai cara berpikir yang berbeda dengan seseorang yang sudah terbiasa hidup dilingkungan metropolitan yang sarat akan kemajuan teknologi.

About winwheng

Hanya ingin membagi apa yang dapat kubagi...karena berbagi adalah peduli. Sharing is Caring.

2 responses »

  1. KURNIA mengatakan:

    terima kasih ya, atas sharing nya. ini sangat membantu sekali untuk saya. salam kenal

  2. AMIR TANG mengatakan:

    bermanfaat bngt…

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s